Home

Dekompresi Mikrovaskuler (MVD)

Trigeminal Neuralgia adalah nyeri yang terjadi secara mendadak pada satu sisi wajah (umumnya sisi wajah sebelah kanan), di dalam mulut dan gigi Read more...

CT Scan

CT Scan adalah alat pemindai yang dapat digunakan untuk mendiagnosis dan memonitor beragam kondisi kesehatan, pemeriksaan yang dapat dikerjakan antara lain Read more...

Laparoscopy

Laparoscopy adalah suatu tindakan bedah minimal yang umumnya ditujukan untuk mengurangi resiko yang didapatkan pada operasi besar Read more...

Rumah Sakit Dr. Oen Surakarta

RUMAH SAKIT Dr. OEN SURAKARTA terus berkembang seiring kepercayaan warga Surakarta dan sekitarnya yang telah memilih kami sebagai penyedia layanan kesehatan. Untuk tetap dapat memberikan pelayanan yang terbaik, maka di tahun 2014 ini RUMAH SAKIT Dr. OEN SURAKARTA membangun gedung baru dengan konsep "Twin Tower".

Persiapan pembangunan Twin Tower ini sudah dirintis sejak 2011 dan terus berjalan. Dengan dibangunnya Twin Tower ini, RUMAH SAKIT Dr. OEN SURAKARTA dapat meningkatkan jumlah kapasitas pasien dan juga jenis serta mutu pelayanan sehingga RUMAH SAKIT Dr. OEN SURAKARTA dapat terus menjadi pilihan dalam pelayanan medis masyarakat Surakarta dan sekitarnya.

 

Find Out More About This...

Jumat Sehat dengan Senam Yoga RUMAH SAKIT Dr. OEN SURAKARTA

Setiap Jumat RUMAH SAKIT Dr. OEN SURAKARTA rutin mengadakan kelas senam yoga di ruang Dharmo Husodo pada pukul 07.00 sampai dengan 09.00 WIB. Kegiatan senam yoga ini banyak diikuti oleh kelompok masyarakat dari kalangan muda sampai lansia. Para peserta senam nampak sangat antusias dalam mengikuti gerakan-gerakan senam yoga.

Kelas senam yoga ini dipandu oleh Bapak Thedjo Darmawan (The Kong Wan) yang merupakan instruktur senam yoga senior. Beliau memberikan instruksi gerakan-gerakan senam yoga dengan aba-aba hitungan yang diucapkan secara lantang untuk kemudian diikuti oleh para peserta senam lainnya. Senam yoga diawali dengan gerakan sedekap disertai dengan pengosongan pikiran supaya rileks dan fokus dalam mengikuti gerakan yoga ini. Kemudian dilanjutkan dengan gerakan-gerakan inti dalam senam yoga yang berguna untuk kelenturan dan relaksasi tubuh meliputi gerakan terlentang sambil tarik napas, meditasi, dan gerakan ringan untuk kelenturan anggota badan. 

Di sela-sela gerakan senam yoga ini beliau menuturkan bahwa senam yoga ini sangat membantu dalam relaksasi tubuh dan membantu untuk menenangkan diri, serta dapat membuat tidur menjadi nyenyak. Sebagai penutup, senam yoga diakhiri dengan gerakan meditasi kembali sehingga diharapkan kegiatan ini mampu memberikan efek positif bagi para peserta.

Lowongan Pekerjaan Bulan Februari 2019

Peningkatan Pengetahuan dan Pelayanan RUMAH SAKIT Dr. OEN SURAKARTA melalui Pelatihan Manajemen Keperawatan

RUMAH SAKIT Dr. OEN SURAKARTA pada tanggal 19 Februari 2019 mengadakan in house training Manajemen Keperawatan gelombang pertama yang bertempat di Ruang Diklat Rumah Sakit. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk upaya meningkatan pelayanan Rumah Sakit yang paripurna. Acara ini terselenggara berkat kerja sama antara Unit Keperawatan dan Panitia Kegiatan Rumah Sakit. Tujuan utama pelatihan ini adalah untuk mengedukasi para peserta dari tim keperawatan agar dapat mengaplikasikan materi yang diberikan kepada pasien, serta diharapkan ketua tim keperawatan dapat bekerja secara maksimal dalam melayani pasien yang dirawat di Rumah Sakit di bawah kepemimpinan dr. William Tanoyo, M.Kes ini. 

Pelatihan ini diikuti oleh setidaknya 32 peserta yang masing-masing terdiri dari ketua tim perawat dan bidan. Acara tersebut akan rutin diselenggarakan dalam 4 gelombang, dimulai setiap hari Selasa pada bulan Februari dan akan berakhir pada awal pertengahan bulan Maret. Dalam susunan acara pelatihan ini terbagi menjadi 11 sesi yang sebagian besar berisi materi tentang manajemen keperawatan. 

 

Sebagai pembuka acara disampaikan sambutan oleh dr. Muljadi Hartono, MPH selaku Direktur Medis dan Keperawatan Rumah Sakit. Beliau menekankan pentingnya menerapkan budaya Rumah Sakit yaitu Teduh untuk Sembuh, Melayani Sepenuh Hati, Senyum, Salam, Peduli, dan Marketer Internal dalam kehidupan bekerja sehari-hari di Rumah Sakit. Beliau juga berpesan kepada peserta pelatihan agar dapat mengaplikasikan nilai Motivator, Mentoring dan Remembering. Motivator memiliki makna agar peserta pelatihan manajemen keperawatan ini dapat memberikan semangat kepada tenaga kesehatan lain dan dapat melayani pasien dengan sepenuh hati. Mentoring bermakna menjadi pembimbing para tenaga kesehatan yang baru dalam bekerja, dan terakhir remembering berarti mengingatkan rekan-rekan setim agar bekerja sesuai dengan peraturan pekerjaan yang berlaku di Rumah Sakit ini. 

Setelah pembukaan yang di sampaikan oleh dr. Muljadi Hartono, MPH tersebut usai, dilanjutkan dengan pre test yang terdiri dari 15 soal yang dikerjakan dalam 10 menit. Selanjutnya acara inti yaitu berupa materi keperawatan diantaranya materi Etika Disiplin Profesi Keperawatan dan Bidan yang disampaikan oleh Ibu Tri Susilowati, S.Kep. Ners. Dalam penyampaian materi tersebut beliau memaparkan tentang tanggung jawab kerja seorang perawat yang tertuju kepada klien, praktik atau tugasnya, masyarakat, teman sejawat, dan teman seprofesi. Sedangkan untuk bidan beliau menambahkan bahwa tanggung jawab bekerja sebagai bidan juga untuk diri pribadi serta nusa dan bangsa Indonesia. Selain itu pula perawat wajib merahasiakan segala sesuatu yang diketahui sehubungan dengan tugas yang dipercayakan kepadanya pula. Materi mengenai Manajemen Asuhan Pasien disampaikan oleh Ibu Sriyani Mugiarsih, S.Kep.Ners dan dr. Andry Wibowo. Dalam pemaparan materi kali ini beliau menyampaikan tentang kemampuan manajerial seorang Ketua Tim Perawatan dalam mengelola ruang keperawatan mempunyai pengaruh yang besar untuk mewujudkan citra pelayanan keperawatan yang berkualitas dan profesional sehingga dapat memberikan kepuasan pada pasien. Ketua Tim juga bertindak sebagai pengelola lini pertama dan merupakan ujung tombak yang langsung menyentuh pada pasien dan keluarganya. Materi-materi lain yang disajikan dalam pelatihan ini antara lain tentang Peran Caring dalam Komunikasi Efektif dan Komunikasi Terapeutik di Keperawatan oleh Ibu Tri Susilowati, S.Kep. Ners, Motivasi Kerja Perawat Profesional oleh Ibu Tutik Wimbaningsih, AMK dan Ibu Anna Widi Yuniastuti, AMK, serta Manajemen Komplain oleh Ibu Anastasia Lina Dwi Nursanti, S.KG., MH.Kes. Setelah semua materi dipaparkan, diadakan workshop yang berisi simulasi bagi perawat untuk menangani pasien dengan diberikan dokumen berupa Asuhan Keperawatan yang dibimbing oleh Tim Tutor, dr. Andry Wibowo, dan Ibu Tri Susilowati S.Kep. Ners. Dalam workshop tersebut para peserta pelatihan terbagi menjadi 5 kelompok terdiri dari kelompok 1 yaitu tim asuhan keperawatan kasus anak, kelompok 2 tim asuhan keperawatan kasus maternitas, kelompok 3 tim asuhan kasus bedah, kelompok 4 tim asuhan keperawatan kasus kegawatan, dan terakhir kelompok 5 tim asuhan keperawatan kasus penyakit dalam. Dalam kelompok tersebut setiap kelompok diberikan dokumen asuhan keperawatan mengenai kasus sesuai tema kelompok masing-masing. Dalam pengerjaannya diberikan waktu selama 30 menit untuk menyelesaikan soal tersebut. Setelah pengerjaan contoh kasus asuhan keperawatan selesai, dilakukan presentasi atas hasil dari kasus yang telah dikerjakan bersama tersebut. Kelompok yang ditunjuk untuk melakukan presentasi adalah kelompok tim asuhan keperawatan kasus kegawatan. Penjabaran contoh kasus dipresentasikan oleh Bapak Dumaedi Cahyono, AMK yang selanjutnya direview oleh Ibu Tri Susilowati, S.Kep. Ners. 

 

AcaraPelatihan Manajemen Keperawatan ini ditutup dengan post test dan pemberian hadiah bagi kelompok yang berhasil memecahkan kasus asuhan keperawatan secara benar kemudian diadakan evaluasi agar peserta pelatihan manajemen keperawatan paham akan asuhan keperawatan yang telah dikerjakan.

WASPADA DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD) DAN TIPS MENCEGAH DBD

 

 

 

#DBD #DemamBerdarahDengue #WaspadaDBD #TipsMencegahDBD #droenska #droensurakarta #86thdroenska #RSsurakarta #infosehat #tipskesehatan

Sajikan Jenang Pati Garut, RUMAH SAKIT Dr. OEN SURAKARTA Warnai Hari Jadi Kota Sala ke – 274

Semakin tua usia kota Sala tak membuat tradisi dan keanekaragamannya memudar. Bertepatan dengan Hari Jadi Kota Sala ke – 274, Minggu, 17 Februari 2019 ribuan takir jenang dibagikan. Hal ini diwujudkannya dengan “Semarak Jenang Sala” yang merupakan pameran ragam jenang khas kota Sala sebagai simbolis peringatan bertambahnya usia. Dalam semua ritual selamatan masyarakat Jawa khususnya di wilayah Sala atau Surakarta, makanan khas berupa jenang selalu hadir. Jenang selalu hadir sebagai simbol ungkapan rasa syukur kepada sang pencipta dan menjadi simbol doa, harapan, persatuan serta semangat masyarakat jawa. Kegiatan yang dimulai pukul 08.00 WIB tersebut, berhasil mengundang antusias masyarakat Sala dalam memeriahkan kegiatan “Semarak Jenang Sala”. Sebagai bagian dari kota Sala, kedua kalinya RUMAH SAKIT Dr. OEN SURAKARTA berpartisipasi dalam peringatan hari jadi kota Sala ke-274 dengan menjadi salah satu peserta stan pameran jenang yang bertajuk “Semarak Jenang Sala”. Rumah Sakit yang dipimpin oleh dr. William Tanoyo, M. Kes ini menjadi salah satu dari 274 instansi yang ditentukan oleh Pemerintah Kota Sala. Dalam partisipasi kedua ini Rumah Sakit menyajikan 100 takir jenang pati garut. Jenang disajikan dalam 2 varian yaitu varian pertama untuk penderita diabetes mellitus dimana jenis kandungan gizi yang aman menggunakan gula khusus dan varian kedua untuk masyarakat yang tidak menderita diabetes melitus.

 

Baru setengah jam dibuka, jenang pati garut yang dimasak sendiri oleh Instalasi Gizi Rumah Sakit habis diburu oleh ratusan pengunjung. Sejumlah 27.400 takir jenang dibagikan kepada masyarakat dengan 8 jenis jenang yang antara lain terdiri dari jenang sepasaran, jenang grendul, jenang rangrang, jenang katul, jenang lemu sambel goreng, jenang procot, jenang sumsum, dan jenang pati. Acara yang dimeriahkan dengan replika tugu jam pasar gede dari rangkaian 1.000 jenang, cooking class (membuat jenang bersama), dan lomba membuat takir jenang dibuka oleh Wali Kota Sala F.X. Hadi Rudyatmo pukul 09.00 WIB dan dihadiri oleh pejabat-pejabat Kota Sala serta masyarakat yang memadati sekitar badan jalan Sriwedari.

SELAMAT HARI JADI KE-274 KOTA SALA

Subcategories

  • Latest
    The latest news from the Joomla! Team

Instalasi Gawat Darurat

Instalasi Gawat Darurat

Melayani kegawat daruratan medik, baik kasus trauma maupun non trauma, termasuk resusitasi secara optimal dan profesional, guna mencegah kematian dan kecacatan penderita.
Read More About This Feature...

 

Cari Dokter

Cari Dokter

Semua informasi jadwal Dokter Spesialis dan Dokter Klinik kami tampilkan disini.
Read More About This Feature...

 

Sejarah RS Dr. Oen Surakarta

Sejarah RS Dr. Oen Surakarta

Pada tanggal 29 Januari 1933 berdiri poliklinik kecil di sebuah paviliun sederhana di Jl Mesen 106 Solo, yang didirikan oleh Perkumpulan Hua Chiao Tsing Nien Hui (HCTNH).
Read More About This Feature...

 

Penghargaan

Pada tahun 2014 RS kembali mendapatkan SBBI kategori Rumah Sakit Swasta seperti 3 tahun berturut-turut sebelumnya. Ini merupakan penghargaan keempat yang berturut-turut didapatkan oleh Rumah Sakit untuk kategori yang sama. Pada tahun ini, Rumah Sakit Dr. OEN Surakarta juga mendapatkan penghargaan "WOW Service Excellent Award" dari Mark Plus untuk kategori Rumah Sakit Umum dengan jumlah tempat tidur lebih dari 200. Find Out How...

RS Dr. Oen Surakarta

Jl. Brigjend Katamso No.55

Surakarta 57128 - Jateng

Telp. 0271 - 643139 Hunting
Fax.  0271 - 642026

Rencana Pencapaian

Atas penyertaan serta anugerah Tuhan yang Maha Kasih dan dukungan dari masyarakat Solo dan sekitarnya yang telah mempercayakan perawatan kesehatan di RS Dr. OEN SURAKARTA maupun berkat PENGURUS YAYASAN KESEHATAN PANTI KOSALA yang berprinsip non profit, akan membangun gedung twin tower dengan 7 lantai ke atas dan 2 lantai basement.