Berita

PKRS - SDN Bibis Wetan

‘Tepung Selaci Puput’, Trik RUMAH SAKIT Dr. OEN SURAKARTA 

Kenalkan 6 Langkah Cuci Tangan pada Anak untuk Membentuk PHBS  

          RUMAH SAKIT Dr. OEN SURAKARTA mengenalkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) kepada siswa SDN Bibis Wetan No. 158 Surakarta.  Acara yang dilaksanakan pada hari Senin, 24 Juli 2017 ini diprakarsai oleh Tim Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) RUMAH SAKIT Dr. OEN SURAKARTA. Rumah Sakit yang dipimpin oleh dr. William Tanoyo, M. Kes sebagai Direktur Utama sekaligus Pelindung Tim PKRS RUMAH SAKIT Dr. OEN SURAKARTA mendukung program Pemerintah dalam membentuk budaya PHBS yang kali ini dimulai dari sekolah yang berada di lingkungan terdekat dari lokasi Rumah Sakit.

           Pengenalan 6 langkah cuci tangan kepada siswa Sekolah Dasar ini merupakan bagian dari program Tim PKRS untuk memperingati Hari Anak Nasional yang jatuh setiap tanggal 23 Juli. Dalam acara tersebut, disampaikan materi edukasi seputar PHBS kepada siswa kelas 1 dan 2. Materi yang diberikan antara lain seputar manfaat mencuci tangan, kapan harus mencuci tangan, cara mencuci tangan yang benar, serta cara memberantas jentik nyamuk. Di sela-sela acara, para siswa diperlihatkan video singkat yang mengilustrasikan cuci tangan sebagai salah satu cara untuk mengatasi kuman penyakit pada anak.

          Pada akhir acara, Tim PKRS RUMAH SAKIT Dr. OEN SURAKARTA mengajak para siswa untuk mempraktikkan 6 langkah cuci tangan dengan benar. Setiap siswa mendapatkan satu botol cairan pembersih tangan dan melakukan praktik bersama. Untuk mempermudah dalam mengingat 6 langkah cuci tangan, para petugas menggunakan singkatan ‘TEPUNG SELACI PUPUT’. Singkatan tersebut menjelaskan langkah cuci tangan yang benar mulai dari TElapak tangan, PUNGgung tangan, SELA-sela jari, gerakan mengunCI, PUtar ibu jari, PUTar ujung jari.

          RUMAH SAKIT Dr. OEN SURAKARTA menyelenggarakan acara ini bertujuan untuk menerapkan budaya perilaku hidup bersih dan sehat kepada anak sejak dini. Pembentukan perilaku yang baik harus dimulai dari pendidikan dasar agar menjadi budaya yang dapat terbentuk sebagai suatu kebiasaan. Anak-anak SD terutama kelas 1 dan kelas 2 cenderung masih senang bermain dan kurang memperhatikan kebersihan dirinya. Hal ini tentunya dapat memicu timbulnya berbagai penyakit yang disebabkan perilaku yang tidak sehat. Oleh karena itu, penanaman nilai-nilai PHBS kepada siswa sekolah merupakan kebutuhan mendasar yang juga menjadi tanggung jawab dari seluruh masyarakat.

Keterlibatan dan dukungan penuh dari pihak sekolah baik Kepala Sekolah dan Staf Pengajar di SDN Bibis Wetan No.158 dalam kegiatan tersebut merupakan bentuk dukungan positif terhadap pembentukan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat bagi para siswanya. Hal ini patut menjadi contoh bagi sekolah-sekolah lain agar PHBS dapat dibentuk sejak dini.

 Contact Person:

Yohanna Inke Florentina

Staf Humas dan Marketing
RUMAH SAKIT Dr. OEN SURAKARTA
Telp (0271) 643139 ext 227
081 55 33 00 333
This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

 

Visitors Counter

619940
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
449
879
1328
612520
16260
26039
619940

Your IP: 54.90.92.204
Server Time: 2017-12-18 08:42:03

Guests Online

We have 14 guests and no members online