Berita

Serunya Blak-blakan Membahas Seksualitas Remaja bersama Pusat Pengembangan Anak (PPA) Daniel

 

Hari Rabu, 28 Maret 2018 pukul 16.00 WIB segerombolan remaja didampingi 4 orang berseragam batik tampak berkerumun di Ruang B Lantai 3 Gedung Twin Towers RUMAH SAKIT Dr. OEN SURAKARTA. Mereka adalah rombongan remaja dari Pusat Pengembangan Anak (PPA) Daniel dari Gereja Kristen Indonesia Coyudan. Sebanyak kurang lebih 15 remaja tersebut datang ke Rumah Sakit yang dipimpin oleh dr. William Tanoyo, M.Kes ini untuk menghadiri penyuluhan bertema Love, Sex, and Date.

Acara ini diselenggarakan bertujuan menanamkan nilai kepada remaja untuk memahami perubahan fisik yang terjadi pada remaja; memahami alat, sistem, dan proses reproduksi; menyadari perlunya kesiapan diri untuk melakukan reproduksi; memahami proses kehamilan; dan memahami mengapa remaja perlu menerapkan perilaku seksual yang bertanggung jawab.

Sebelum penyuluhan dimulai, pendamping dari PPA Daniel membuka acara dengna memimpin doa bersama. Setelah itu dr. Rudy Hartawan sebagai pemateri membuka sesi penyuluhan dengan menyapa remaja-remaja berusia 13 – 15 tahun tersebut. Acara berlangsung selama kurang lebih 2 jam. Pemateri menyampaikan materi dengan tema utama Kesehatan Reproduksi Remaja.

Berdasarkan materi yang diberikan, kesehatan reproduksi remaja dipengaruhi oleh faktor kehamilan, aborsi, Infeksi Menular Seksual (IMS), kekerasan seksual, kurangnya informasi pelayanan klinis, gizi, kesehatan mental, faktor ekonomi, dan ketidaksetaraan gender. Selain itu, peserta juga diberi seluk beluk mengenai seksualitas, organ reproduksi, pubertas, konsekuensi pergaulan bebas, kesehatan jiwa dan psikososial remaja, masalah kesehatan seksualitas remaja, serta pencegahan penyakit HIV/ AIDS.

Sekitar pukul 18.00 WIB sesi penyuluhan berakhir dan pendamping dari PPA kembali memimpin doa penutup acara. Setelah foto bersama, seluruh peserta meninggalkan ruangan dan kembali melanjutkan aktivitasnya. Pemberian edukasi terhadap anak dan remaja bukanlah kali pertama bagi Rumah Sakit milik Yayasan Kesehatan Panti Kosala ini. Sebelumnya, Rumah Sakit pernah memberikan edukasi kepada anak-anak di PPA Daniel mengenai jajanan yang sehat dan bergizi. Selain itu Rumah Sakit juga mendatangi anak-anak di SDN Bibis Wetan No. 158 Surakarta dan PPA Debora untuk menanamkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).