Berita

Mengkaji Asuhan Gizi Pasien untuk Meningkatkan Mutu RUMAH SAKIT Dr. OEN SURAKARTA bersama Asosiasi Dietisien Indonesia (ASDI) DPC Surakarta

Hari Kamis, 12 April 2018, RUMAH SAKIT Dr. OEN SURAKARTA menerima kunjungan dari Asosiasi Dietisien Indonesia (ASDI) DPC Surakarta. ASDI mengadakan kegiatan kunjungan ke Rumah Sakit yang dipimpin oleh dr. William Tanoyo, M.Kes ini sebagai bagian dari rangkaian dari persiapan Pelatihan Dietetik Nasional tentang Manajemen Terapi Gizi pada Pasien Gagal Ginjal Kronik. Acara dilaksanakan Ruang Triganda B Lantai 3 Gedung Twin Towers. Setidaknya sebanyak 50 peserta Seminar Dietisien Nasional dari berbagai daerah di Indonesia berpartisipasi dalam kunjungan ini.

Acara diawali dengan pembukaan dan pemutaran video safety briefing dan dilanjutkan sambutan oleh Direktur Utama Rumah Sakit. Beliau mengucapkan selamat datang dan terima kasih serta memaparkan profil Rumah Sakit kepada peserta yang hadir. Sambutan kedua dari dr. Muljadi Hartono, MPH selaku Direktur Medis dan Keperawatan yang menyampaikan bahwa gizi adalah aspek penting yang perlu diperhatikan dan merupakan upaya dari Rumah Sakit untuk meningkatkan mutu. Perwakilan dari ASDI Surakarta, Ibu Endang Nur Widyaningsih, SST, M.Si juga turut memberikan sambutan di acara tersebut. Ibu Endang mengucapkan terima kasih kepada Rumah Sakit milik YAYASAN KESEHATAN PANTI KOSALA ini karena telah memperkenankan para peserta pelatihan mengunjungi dan mencari ilmu di Rumah sakit. Adapun kunjungan ini sebagai salah satu sarana untuk bertukar ilmu bagi ahli gizi yang bekerja di berbagai Rumah Sakit di Indonesia.

Setelah acara sambutan, seluruh peserta seminar berfoto bersama Direktur Utama Rumah Sakit di dekat patung dr. Oen Boen Ing di main hall terlebih dahulu dan kemudian dilanjutkan dengan survey lapangan.

Peserta kemudian memulai kunjungan ke ruang Hemodialisa, Ruang Kemoterapi dan Ruang Gizi. Peserta dibagi menjadi 6 kelompok dan masing-masing kelompok didampingi oleh ahli gizi Rumah Sakit. Kelompok 1, 2, dan 3 menuju Ruang Hemodialisa dan Ruang Kemoterapi, sementara kelompok 4, 5, dan 6 berkunjung ke Ruang Gizi.

Kelompok 1, 2, dan 3 yang berisi 25 orang melakukan kunjungan ke Ruang Kemoterapi terlebih dahulu dan dilanjutkan di Ruang Hemodialisa. Di Ruang Hemodialisa, 15 anggota kelompok melakukan studi kasus yang dijelaskan oleh Ibu Ruth Hanani, salah satu ahli gizi Rumah Sakit. Sedangkan 10 anggota kelompok melakukan studi kasus di Ruang Kemoterapi dengan didampingi oleh Ibu Norma Sari Yustitie. Kasus yang dibahas adalah seputar asuhan gizi pada pasien. Asuhan gizi pasien meliputi skrining awal pasien, proses asesmen, diagnosis, pemberian terapi gizi (edukasi tentang diet pasien hemodialisa), monitoring dan evaluasi pasien di Renal Unit.

Kelompok 4, 5, dan 6 yang juga beranggotakan 25 orang berkunjung ke Ruang Gizi untuk melihat proses produksi di dapur. Di ruang tersebut, Kepala Sub Seksi Gizi Ibu Wahyuningtyas, Amd.Gz memberikan penjelasan tentang bagian-bagian yang ada di sana. Terdapat banyak ruangan yang ada di dalam dapur. Mulai dari ruang sentral cuci alat, ruang distribusi, ruang pengelolaan, ruang beverage, ruang dapur snack, dan ruang persiapan. Sekitar pukul 11.00 WIB, kegiatan kunjungan berakhir dan ditutup dengan sesi foto bersama peserta di Healthy Area Rumah Sakit.

 

 

Visitors Counter

763904
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
1021
1376
5714
749845
32286
38130
763904

Your IP: 54.161.108.58
Server Time: 2018-04-26 13:06:08

Guests Online

We have 43 guests and no members online