Berita

Menjadi Lansia Sejahtera dan Bahagia bersama RUMAH SAKIT Dr. OEN SURAKARTA

Suasana teduh dan asri menyambut tatkala rombongan RUMAH SAKIT Dr. OEN SURAKARTA memasuki area pekarangan Panti Wreda Asih Sukoharjo. Hari Kamis, 31 Mei 2018 pukul 10.00 WIB, Rumah Sakit yang dipimpin oleh dr. William Tanoyo, M.Kes ini mengunjungi panti wreda untuk memberikan sosialisasi bertema Lansia Sejahtera, Masyarakat Bahagia. Acara ini diselenggarakan untuk memperingati Hari Lansia Nasional yang jatuh pada tanggal 29 Mei 2018.

dr. Eva Veronika selaku pemateri menyampaikan seluk beluk informasi seputar kesehatan adiyuswa kepada 47 peserta yang ia sapa dengan sebutan Opa dan Oma (kakek dan nenek). Dalam sesi presentasi, pemateri memaparkan penyebab masalah kesehatan lansia berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2007 adalah penyakit sendi, hipertensi, katarak, stroke, jantung, gangguan mental emosional, dan Diabetes Mellitus.

Sementara itu, penyakit yang banyak diderita oleh lansia di Indonesia adalah penyakit sistem pernafasan, penyakit kardiovaskuler dan pembuluh darah, penyakit pencernaan makanan, penyakit sistem urogenital, penyakit gangguan metabolik/ endokrin, penyakit pada persendian dan tulang, penyakit keganasan, gangguan kesadaran dan kognitif.

Pemateri memberikan tips menjalani usia senja yang sehat dan mandiri dengan cara menghindari pola hidup tidak sehat seperti ketidakaktifan fisik, diet yang tidak sehat, merokok, dan stress. Selain itu, para lansia juga perlu menerapkan pola makan dengan gizi seimbang, melakukan aktifitas fisik dan olah raga, serta melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala.

Sekitar pukul 11.00 WIB sesi presentasi materi selesai dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Setidaknya sebanyak 6 pertanyaan bergulir dari peserta yang memperhatikan penjelasan pemateri dengan seksama. Rata-rata pertanyaan dari peserta berkaitan seputar aktifitas olah raga yang bisa dilakukan di usia lanjut dan tentang pola makan. Usai sesi tanya jawab, acara ditutup dan selesai pada pukul 11.30 WIB.

Rumah Sakit milik YAYASAN KESEHATAN PANTI KOSALA ini menjalin sebuah simbiosis yang baik dengan panti wreda yang telah berdiri sejak tahun 1981 tersebut. Selain membagikan ilmu melalui kegiatan sosialisasi atau penyuluhan, Rumah Sakit yang berusia 85 tahun ini juga melakukan pemeriksaan kesehatan kepada puluhan lansia di Panti Wreda Asih rutin setiap bulan.