Berita

Semarak Penampilan Generasi Genius, Waras, Wasis, dan Mapan dalam Peringatan Hari Anak Nasional 2018 oleh Pemerintah Kota Surakarta

Hari Minggu pagi yang cerah tanggal 5 Agustus 2018, pelataran Benteng Vastenburg Surakarta tampak dipenuhi oleh ratusan anak mulai dari siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Taman Kanak-kanak, Sekolah Dasar (SD), hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP). Pemerintah Kota Surakarta rupanya tengah menyelenggarakan pentas seni dalam rangka Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2018.

Acara ini dihadiri oleh setidaknya 2500 anak, pendamping, dan tamu undangan. Direktur Utama RUMAH SAKIT Dr. OEN SURAKARTA, dr. William Tanoyo, M.Kes, dan Kepala Seksi Sekretariat, Hukum, Humas dan Marketing, Anastasia Lina D.N, S.KG., MH.Kes, tampak menghadiri acara ini dan duduk di kursi tamu undangan. Rumah Sakit di bawah naungan YAYASAN KESEHATAN PANTI KOSALA ini turut mendukung jalannya acara dengan memberikan bingkisan berupa perlengkapan pendukung belajar anak sebagai bentuk kepedulian Rumah Sakit terhadap anak-anak generasi genius di Kota Surakarta.

Mengusung tema utama HAN 2018 dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia yakni GENIUS (Gesit, Empati, Berani, Unggul, Sehat), Pemkot Surakarta berupaya mewujudkan anak Kota Surakarta yang waras ragane, wasis bocahe, lan mapan budi pekertine. Sub tema ini merujuk pada harapan pemerintah agar anak-anak memiliki tubuh yang sehat, menjadi anak yang pandai, dan berbudi pekerti yang baik. Peringatan HAN 2018 ini bertujuan untuk meningkatkan dan mengajak seluruh masyarakat mewujudkan kesejahteraan anak dengan memberi jaminan pemenuhan hak anak tanpa kekerasan, eksploitasi, dan diskriminasi.

Mengawali acara, ditampilkan pawai anak dari berbagai kelurahan dan sekolah di Kota Surakarta, sendratari, serta kolaborasi musik dan lagu. Pukul 09.00 WIB, Walikota Surakarta, F.X. Hadi Rudyatmo, bersama Wakil Walikota Surakarta, Dr. H. Achmad Purnomo, Apt, hadir di lokasi acara dan beramah tamah dengan masyarakat. Lagu Kebangsaan Indonesia Raya berkumandang sesaat setelah Walikota dan Wakil Walikota Surakarta menuju tempat duduknya.

Acara dilanjutkan dengan doa dari 6 agama di Indonesia. Usai doa bersama, Walikota menyerahkan hadiah kepada juara perlombaan yang diadakan oleh Forum Anak Surakarta sebelumnya. Dalam sambutannya, Pak Rudy menyampaikan bahwa selain gesit, berempati, berani, unggul, dan sehat, anak-anak Kota Surakarta harus bersifat enerjik, nasionalis, berintegritas, dan sopan. Beliau juga sempat mengajak hadirin untuk menyanyikan Mars PKK (Pembinaan Kesejahteraan Keluarga) bersama-sama. Usai sambutan Walikota, putra-putri Surakarta kembali menunjukkan bakat kesenian mereka hingga acara selesai.