Berita

Seminar Keperawatan DPK PPNI RUMAH SAKIT Dr. OEN SURAKARTA “Update Peran dan Kompetensi Perawat dalam Manajemen Kegawatdaruratan dan Bencana”

Dewan Pengurus Komisariat (DPK) Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) RUMAH SAKIT Dr. OEN SURAKARTA menyelenggarakan seminar keperawatan bertajuk “Update Peran dan Kompetensi Perawat dalam Manajemen Kegawatdaruratan dan Bencana” pada 5 Agustus 2018 bertempat di Balai Krida Husada, Poltekkes Kemenkes Surakarta. Sebelumnya, DPK PPNI RUMAH SAKIT Dr. OEN SURAKARTA telah mengikuti beberapa kegiatan yakni Lomba Paduan Suara dan Wound Care (Perawatan Luka) antar rumah sakit dan akademi keperawatan se-Surakarta yang dilaksanakan pada bulan April 2018 dan memenangkan kejuaraan sebagai Juara I.

Seminar keperawatan ini diikuti oleh kalangan umum dan tenaga kesehatan yakni perawat dan mahasiswa sekolah tinggi kesehatan yang berkeinginan mendapatkan informasi terkait kompetensi dan tema seminar secara lebih rinci. Tujuan diselenggarakan seminar ini guna meningkatkan kompetensi tenaga kesehatan khususnya perawat dalam menangani kegawatdaruratan bencana.

 

 

 

Seminar ini menghadirkan pembicara dari berbagai perwakilan, yang pertama Ketua DPD PPNI Kota Surakarta, Suminanto, S.Kep.Ns. yang memaparkan materi tentang “Dimensi Etiko Legal Pelayanan Gawat Darurat dan Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT)”, yang kedua Addi Mardhi H.,M.N., Ketua Bidang Pelatihan di DPD PPNI Kota Surakarta dan merupakan alumni AKPER PANTI KOSALA yang bernaung dibawah YAYASAN KESEHATAN PANTI KOSALA memaparkan materi tentang “Peran dan Kompetensi Perawat dalam Bidang Kegawatdaruratan Bencana”, dan yang terakhir adalah Ketua DPK PPNI dan Praktisi Senior Unit Ambulans RUMAH SAKIT Dr. OEN SURAKARTA, Imam Subekti, S.Kep. yang memaparkan materi tentang “Standar Keselamatan Transportasi”.

Acara dimulai pukul 08.00 WIB yakni registrasi ulang para peserta yang dilanjutkan pembukaan serta doa dan penyampaian materi safety briefing. Selanjutnya menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang disusul alunan suara merdu dari Paduan Suara DPK PPNI RUMAH SAKIT Dr. OEN SURAKARTA yang menyanyikan Mars PPNI, Hymne Panti Kosala dan ditutup dengan lagu Cublak-cublak Suweng.

 

 

Sambutan pertama disampaikan oleh Ketua Panitia, Sularno, S.Kep yang disusul sambutan kedua oleh Ketua DPD PPNI Kota Surakarta dan yang paling utama sambutan serta pembukaan seminar oleh Direktur Utama RUMAH SAKIT Dr. OEN SURAKARTA, dr. William Tanoyo, M.Kes. Sebelum acara utama dimulai, para tamu undangan dan pembicara berfoto bersama mengabadikan momentum seminar keperawatan kali ini.

 

Memasuki acara utama yakni pemaparan materi, materi pertama tentang “Dimensi Etiko Legal Pelayanan Gawat Darurat dan Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT)” yang memaparkan peran dan strategi perawat dalam mengimplementasikan asuhan kegawatdaruratan bencana, kemudian tugas dan kewenangan tenaga kesehatan, pelayanan kesehatan pada bencana dan peraturan perundangan yang berkaitan.

 

Materi kedua “Peran dan Kompetensi Perawat dalam Bidang Kegawatdaruratan Bencana” mengenai kompetensi-kompetensi yang wajib dimiliki oleh perawat dalam menangangi bencana, kemudian membahas mengenai bencana yang terjadi di Indonesia dan dunia secara luas dan peran tenaga kesehatan didalamnya.

 

 

Materi ketiga tentang “Standar dan Keselamatan Transportasi” yang membahas prinsip-prinsip dalam merujuk pasien, prinsip-prinsip dalam memindahkan pasien, kemudian memaparkan teknik-teknik dalam memindahkan pasien dalam kondsi bencana secara tepat.

 

Peserta menyimak materi yang disampaikan oleh pembicara kemudian acara dilanjutkan sesi tanya jawab dan diakhir acara dibagikan door prize bagi para peserta yang beruntung. Seminar ini berakhir pada pukul 13.00 WIB.