Berita

Soft Opening Laboratorium Kateterisasi Jantung (Cath Lab) sebagai Bentuk Peningkatan Pelayanan RUMAH SAKIT Dr. OEN SURAKARTA

Guna meningkatkan pelayanan, RUMAH SAKIT Dr. OEN SURAKARTA membuka pelayanan laboratorium kateterisasi jantung (Cath Lab) pada Sabtu, 4 Agustus 2018. Acara ini diselenggarakan di Dokter Lounge Rumah Sakit. Soft Opening Cath Lab diawali dengan syukuran yang dihadiri oleh pejabat struktural Rumah Sakit dan perwakilan dokter spesialis. Pembawa acara, dr. Muljadi Hartono, MPH memimpin jalannya syukuran mulai pukul 08.00 WIB. Operasional Cath Lab didasari atas kebutuhan pelayanan yang harus segera dilakukan mengingat di Solo Raya baru ada satu rumah sakit yang menyediakan pelayanan kateterisasi jantung selain di Rumah Sakit yang berusia 85 tahun ini.

Syukuran dibuka dengan sambutan dari dr. William Tanoyo, M.Kes selaku Direktur Utama Rumah Sakit. Kemudian, dr. Heru Sulastomo, Sp. JP. FIHA sebagai Dokter Penanggung Jawab Pelayanan (DPJP) Cath Lab menyampaikan sambutannya dan dilanjutkan dengan doa bersama agar soft opening ini berjalan dengan lancar.

Memasuki acara inti, dr. William Tanoyo, M.Kes memotong tumpeng sebagai simbol dioperasionalkannya fasilitas baru di Rumah Sakit di bawah naungan YAYASAN KESEHATAN PANTI KOSALA ini. Potongan tumpeng pertama diberikan kepada  dr. Heru Sulastomo, Sp. JP. FIHA. Acara dilanjutkan dengan sesi ramah tamah.


Setelah prosesi pemotongan tumpeng, diadakan juga simulasi penggunaan Cath Lab. Simulasi yang dilakukan di Cath Lab yang terletak di Lantai 1 Gedung Twin Towers ini menghadirkan para perawat dan petugas. Simulasi diawali dengan cuci bersih seluruh area tubuh pasien. Beberapa perawat juga terlihat stand-by di Ruang Operator Cath Lab.

Kateterisasi jantung diawali dengan tusukan jarum kecil pada pembuluh darah, seperti tangan, siku atau lipat paha. Kemudian alat kateter dimasukkan ke pembuluh darah dan dokter mulai menyuntikan zat kontras yang akan mengikuti aliran darah. Selanjutnya, perjalanan zat kontras tersebut dapat diobservasi dengan menggunakan monitor yang tersedia. Melalui simualsi ini, kondisi pembuluh darah serta jantung dapat diketahui secara langsung dan dapat juga diberikan pengobatan ataupun tindakan medis yang diperlukan.

 

Di akhir sesi simulasi, dilakukan juga simulasi kegawatdaruratanuntuk mengetahui response time tim kode biru yang bertanggung jawab di ruang Cath Lab. Acara berakhir pukul 10.00 WIB. Selain soft opening yang menandakan dibukanya operasional Cath Labini, Rumah Sakit akan mengadakan acara peresmian Cath Lab bersamaan dengan seminar bertema penyakit jantung pada awal bulan September mendatang.