Berita

Peresmian Cath Lab dan Simposium “Pemeriksaan Invasif dan Intervensi Non Bedah pada Bidang Kardiologi & Neurologi” sebagai Inovasi Peningkatan Pelayanan RUMAH SAKIT Dr. OEN SURAKARTA

Usai menyelenggarakan soft opening laboratorium Kateterisasi Jantung (Cath Lab) pada Sabtu, 4 Agustus 2018 lalu, RUMAH SAKIT Dr. OEN SURAKARTA mengadakan Peresmian Cath Lab serta Simposium yang bertajuk Pemeriksaan Invasif dan Intervensi Non Bedah pada Bidang Kardiologi dan Neurologi. Acara ini berlangsung pada hari Sabtu, 8 September 2018 di Ruang Triganda A Lantai 3 Gedung Twin Towers Rumah Sakit. Setidaknya 180 peserta yang berasal dari kalangan tenaga medis di area Kota Surakarta hadir berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Acara ini diadakan dengan tujuan untuk memberikan edukasi mengenai penyakit jantung kepada dokter pemberi pelayanan kesehatan tingkat pertama. Selain itu, peresmian ini juga bertujuan untuk mensosialisasikan pelayanan baru di Rumah Sakit yang dipimpin oleh dr. William Tanoyo, M.Kes ini. Dibukanya Cath Lab Rumah Sakit milik YAYASAN KESEHATAN PANTI KOSALA ini diharapkan semakin mempermudah masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kateterisasi jantung yang sebelumnya hanya ada di satu rumah sakit di Kota Surakarta.

Peresmian Laboratorium Kateterisasi Jantung dilaksanakan mulai pukul 08.30 WIB diawali dengan sambutan dari Direktur Utama Rumah Sakit, dr. William Tanoyo, M.Kes dan Dokter Penanggung Jawab Pelayanan (DPJP) Cath Lab. Usai pembacaan doa, Direktur Utama Rumah Sakit didampingi oleh Bapak Djoenaedi Joesoef dari YAYASAN KESEHATAN PANTI KOSALA serta Ibu dr. Hj. Siti Wahyuningsih, M.Kes, M.H selaku Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Surakarta memotong untaian bunga sebagai tanda bahwa Cath Lab RUMAH SAKIT Dr. OEN SURAKARTA telah diresmikan.


Setelah itu, rombongan yang terdiri Bapak Djoenaedi Joesoef, Bapak Dipl.-Ing. Halim Muktiono, dr. Handojo Tjandrakusuma, Ibu dr. Hj. Siti Wahyuningsih, M.Kes, M.H, dr. Kristiawan Sidharta, dr. Halim Susanto, MARS, dr. Ivan Oetomo, MPH, dan Ibu Fety Landari, SE melaksanakan tur ke dalam Ruang Cath Lab lalu menuju Ruang Triganda A Gedung Twin Towers untuk mengikuti Simposium Pemeriksaan Invasif dan Intervensi Non Bedah pada Bidang Kardiologi dan Neurologi.

Sekitar pukul 09.00 WIB, acara simposium dimulai dengan doa dan pemutaran video panduan keselamatan (safety briefing). Hadirin kemudian menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan Hymne Panti Kosala bersama-sama. Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Surakarta, Ibu dr. Hj. Siti Wahyuningsih, M.Kes, M.H hadir dalam acara ini untuk mewakili Walikota Surakarta yang berhalangan hadir. Kepala DKK Surakarta membacakan sambutan dari Walikota Surakarta, Bapak FX. Hadi Rudyatmo. Beliau menyampaikan ucapan selamat dan sukses atas diresmikannya Cath Lab Rumah Sakit, serta harapan semoga pelayanan Cath Lab berjalan dengan baik sehingga Rumah Sakit dapat melayani masyarakat dengan masksimal. Direktur Utama Rumah Sakit, dr. William Tanoyo, M.Kes menyampaikan ucapan terima kasih kepada peserta dan lalu memaparkan profil Rumah Sakit dengan singkat. Tak lupa beliau juga mengucap syukur atas beroperasionalnya Cath Lab di Rumah Sakit sehingga Rumah Sakit berusia 85 tahun ini dapat melayani pelanggan dengan lebih optimal.

Pukul 09.45 WIB, dr. Christine Notoningtiyas selaku co-moderator mempersilakan Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah senior di Rumah Sakit, dr. Paul Hardjono, Sp.JP (K), menjadi moderator untuk dua topik awal. Dr. Wahyu Indianto, M.H memaparkan materi mengenai Kode Etik Kedokteran. Dalam materi ini beliau menyampaikan bahwa sebagai seorang dokter harus senantiasa menjalankan profesi sesuai kode etik kedokteran yang ditetapkan.
    


Materi selanjutnya dipresentasikan oleh Dokter Penanggung Jawab Pelayanan (DPJP) Cath Lab Rumah Sakit, yaitu dr. Heru Sulastomo, Sp.JP (K) FIHA. Beliau memberikan edukasi bertajuk Pemeriksaan Invasif dan Intervensi Non Bedah Pada Penyakit Jantung.

Pemateri ketiga, dr. Subandi, Sp.S mengemukakan ilmu mengenai Neurologi Invasif dengan didampingi oleh dr. Rahadian Singosancoyo, Sp.S, M.Kes selaku moderator.

Setelah pemaparan dua topik pertama dan topik ketiga, hadirin diberikan kesempatan untuk bertanya secara langsung kepada pembicara. Selanjutnya, Direktur Utama Rumah Sakit kemudian menyerahkan kenang-kenangan berupa patung berbentuk wajah dr. Oen Boen Ing kepada para pembicara dan juga sertifikat.

Acara dilanjutkan dengan pembagian doorprize kepada peserta yang beruntung. Salah satu penerima doorprize dalam acara ini adalah seorang dokter yang berdinas di RSUD Ende, Nusa Tenggara Timur. Pukul 12.00 WIB acara Simposium dan Peresmian Cath Lab bertajuk Pemeriksaan Invasif dan Intervensi Non Bedah pada Bidang Kardiologi dan Neurologi ditutup.