Berita

Bersama RUMAH SAKIT Dr. OEN SURAKARTA, Pasien Pasca Stroke Berbahagia Bersama

Tawa gembira terpancar dari wajah anggota Klub Senam Sehat Stroke Dr. OEN SURAKARTA (S3DOS) yang menghadiri kegiatan Anjangsana Anggota Klub S3DOS pada hari Minggu, 4 November 2018. Setidaknya 50 anggota Klub S3DOS yang juga disebut sebagai Klub Stroke yang merupakan pasien pasca stroke bernyanyi bersama dan saling berbagi cerita dengan penuh semangat.

Kegiatan anjangsana ini bukan yang pertama kalinya dilaksanakan. Sebelumnya, Klub Stroke Rumah Sakit yang dipimpin oleh dr. William Tanoyo, M.Kes ini telah mengadakan berbagai acara gathering, beberapa di antaranya dilaksanakan di Balaikota Surakarta dan Rumah Dinas Walikota Surakarta (Loji Gandrung). Pada kegiatan ini, Rumah Sakit merangkul anggota klub untuk merekatkan kekeluargaan serta membangkitkan semangat antar anggota agar tekun menjalani terapi sehingga dapat terbebas dari penyakit stroke.

Bertempat di Che-Es Resto Manahan, Solo, kegiatan ini dihadiri oleh Direksi, Dokter Penanggung Jawab Pelayanan Instalasi Rehabilitasi Medik, petugas Instalasi Rehabilitasi Medik, dan anggota klub stroke beserta para pendamping. Kegiatan dimulai pada pukul 10.20 WIB diawali dengan menampilkan video dari Bu Evy Wahyuni yang merupakan istri dari pak Agus yang merupakan anggota klub Stroke sambutan dari Ketua Klub Stroke RUMAH SAKIT Dr. OEN SURAKARTA, bu Evy menyampaikan bahwa dengan ditampilkannya video tersebut harapannya bisa memotivasi orang terkasih supaya jangan putus asa, keluarga harus siap pada situasi yang terburuk misalnya penyakit stroke. "Mari menghadapi bersama dengan  kasih sayang" sambungnya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan pertama diberikan oleh dr. Andi Wibawanto, MPH Beliau memberikan semangat bagi anggota Klub Stroke, senada dengan dr. Andi, dr. Retno Wahyu Sp. S juga memberikan semangat dan mengingatkan anggota untuk selalu rutin melakukan pengobatan. Sambutan ketiga Bapak Purwanto Koordinator Klub Stroke S3DOS  menyampaikan dengan acara ini semankin merekatkan hubungan tali silaturahmi juga meningkatkan semangat dari anggota Klub. Sambutan berikutnya disampaikan oleh dr. William Tanoyo, M.Kes selaku Direktur Utama RUMAH SAKIT Dr. OEN SURAKARTA, beliau menyampaikan "tetap semangat dalam menjalani pengobatan, khususnya era JKN yang menerapkan rujukan berjenjang, terkait kesulitan yang dialami menjadi catatan bagi manajemen"

Masih dalam rangka memperingati Hari Stroke Sedunia yang jatuh pada tanggal 29 Oktober 2018, World Stroke Organization mengangkat tema besar “Bangkit Setelah Stroke” dengan salah satu tagline-nya adalah “Stroke Mengubah Hidup Kita, Tetapi Tidak Cinta Kita”. Hal tersebut sangat terlihat dalam acara ini, betapa para pendamping yang setia dan memberikan perawatan pada anggota keluarga yang terkena stroke dengan penuh cinta.

Pada acara ini Bapak Sugiono salah satu anggota Klub Stroke, yang terlihat mencoba menyanyikan sebuah lagu, rasa haru bercampur bahagia terlihat dari wajahnya. Berkat kesetiaan dan dukungan dari orang-orang terkasih, serta ketekunan menjalani terapi di Rumah Sakit, kondisi beliau mulai berangsur pulih.

Kegiatan Anjangsana Anggota Klub S3DOS berlangsung hingga pukul 13.00 Acara ditutup dengan sesi ramah tamah, hiburan, dan pembagian doorprize. Diharapkan kegiatan inspiratif ini dapat terus berlanjut sehingga anggota klub dapat termotivasi untuk menjalani hidup dengan bahagia bersama orang-orang tercinta.