Berita

Meningkatkan Kesadaran tentang Bahaya yang Mengincar selama Masa Kehamilan melalui Sosialisasi PONEK di RUMAH SAKIT Dr. OEN SURAKARTA

RUMAH SAKIT Dr. OEN SURAKARTA menggelar Sosialisasi Pelayanan Obstetri Neonatal Emergency Komprehensif (PONEK) pada hari Selasa, 6 November 2018. Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Triganda A, Lantai 3 Gedung Twin Towers. Mengangkat tema besar “Penatalaksanaan Kasus Pre-Eklampsia dan Eklampsia”, sosialisasi diselenggarakan dengan sasaran peserta dari petugas Puskesmas, Praktik Bidan Mandiri (PBM), serta perawat.

Tujuan dilaksanakan sosialisasi ini adalah untuk memperkenalkan pelayanan PONEK di Rumah Sakit yang dipimpin oleh dr. William Tanoyo, M.Kes ini, melakukan pembinaan terhadap fasilitas pelayanan kesehatan yang masuk dalam daerah pembinaan Rumah Sakit, dan membangun kesadaran internal Rumah Sakit mengenai pelayanan PONEK. Kegiatan ini dihadiri oleh kurang lebih 100 orang peserta.

Acara dibuka dengan penampilan tari selamat datang dari panitia dan dilanjutkan dengan safety briefing. Setelah itu, hadirin bersama-sama menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Hymne Panti Kosala. Sambutan pertama disampaikan oleh Ibu Ida Angklaita, S.KM., M.Si, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat dari Dinas Kesehatan Kota (DKK) Surakarta yang mewakili Kepala Dinas Kesehatan Kota Surakarta. Direktur Utama Rumah Sakit, dr. William Tanoyo, M.Kes, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih dan harapan semoga Sosialisasi PONEK ini dapat memberikan manfaat besar bagi para pesertanya.

Memasuki sesi materi, pukul 11.00 WIB dr. Yunita, Kepala Sub Seksi Pelayanan Medis Instalasi Gawat Darurat menjelaskan alur triase. Pukul 11.15 WIB dr. Andry Wibowo, memberikan pemaparan singkat mengenai sistem rujukan di Rumah Sakit.

Materi Penatalaksanaan Kasus Pre-Eklampsia dan Eklampsia dibawakan oleh dr. Supanji Rahardja, Sp. OG (K) sekitar pukul 11.30 WIB. Beliau merupakan dokter spesialis kandungan dan kebidanan yang praktik di Rumah Sakit milik YAYASAN KESEHATAN PANTI KOSALA ini. Beliau memaparkan tentang eklampsia atau hipertensi yang dialami oleh ibu hamil. Eklampsia merupakan salah satu permasalahan kehamilan yang dianggap berbahaya selain perdarahan dan dan infeksi.

Setelah sesi materi berakhir, acara Sosialisasi PONEK ditutup dan peserta diajak untuk mengikuti hospital tour. Peserta bergerak mengunjungi lokasi-lokasi yang berkaitan dengan PONEK seperti Klinik Ibu dan Anak (KIA), IGD, Ruang Operasi, Ruang PICU, Ruang Bersalin, Kamar Bayi, dan ruang nifas.