Home

Dekompresi Mikrovaskuler (MVD)

Trigeminal Neuralgia adalah nyeri yang terjadi secara mendadak pada satu sisi wajah (umumnya sisi wajah sebelah kanan), di dalam mulut dan gigi Read more...

CT Scan

CT Scan adalah alat pemindai yang dapat digunakan untuk mendiagnosis dan memonitor beragam kondisi kesehatan, pemeriksaan yang dapat dikerjakan antara lain Read more...

Laparoscopy

Laparoscopy adalah suatu tindakan bedah minimal yang umumnya ditujukan untuk mengurangi resiko yang didapatkan pada operasi besar Read more...

RUMAH SAKIT Dr. OEN KANDANG SAPI SOLO

RUMAH SAKIT Dr. OEN SURAKARTA berada di bawah naungan YAYASAN KESEHATAN PANTI KOSALA yang mempunyai prinsip NOT FOR PROFIT  dimana sisa hasil usaha tidak dibagi ke Pengurus YKPK, tetapi digunakan untuk peningkatan pelayanan berupa pengembangan kompetensi SDM dan peralatan medis secara kontinu, serta pembangunan fisik.

Dengan penyertaan-Nya dan kepercayaan warga Surakarta maupun sekitarnya dalam  layanan kesehatan, maka tahun 2017 dimulai pelayanan di gedung baru "Twin Towers" dengan konsep jalur terpisah (D' Oen healthy area) untuk pasien dan pengunjung dengan tujuan memberikan pelayanan yang terbaik, dalam rangka ikut ambil bagian program Pemerintah di bidang kesehatan.

Tahun 2019 ini menjadi sejarah baru dalam perjalanan RUMAH SAKIT Dr. OEN SURAKARTA yang berlokasi di daerah Kandang Sapi, secara resmi sejak tanggal 20 Juli menggunakan nama RUMAH SAKIT Dr. OEN KANDANG SAPI SOLO, yang lebih dikenal masyarakat.

Penggunaan nama tersebut bertujuan untuk semakin mendekatkan diri dengan masyarakat dan harapan semakin nyata dalam meningkatkan kualitas serta mutu pelayanan, sehingga dapat menjadi pilihan dalam pelayanan kesehatan bagi masyarakat Surakarta dan sekitarnya, sesuai visi Rumah Sakit.

 

 

 

Find Out More About This...

TIPS MENGATASI ANAK KECANDUAN HP

Kobaran Semangat dr. Oen Menyala di Gedung Serbaguna Kelurahan Tegalharjo, RUMAH SAKIT Dr. OEN KANDANG SAPI SOLO Gelar Pengobatan Gratis Untuk Warga

Akhir pekan ini Gedung Pertemuan Kelurahan Tegalharjo, Jebres, Surakarta tampak berbeda. Banyak warga duduk berjajar rapi mengantre di gedung tersebut. Mereka saat itu tengah mendatangi Kegiatan Bakti Sosial Layanan Kesehatan yang terselenggara atas kerja sama Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) Tegalharjo dengan RUMAH SAKIT Dr. OEN KANDANG SAPI SOLO, Sabtu, 16 November 2019.

Keterlibatan Rumah Sakit dalam kegiatan tersebut tidak lain untuk terus mengobarkan Semangat dr. Oen, Semangat Memberi. Rumah Sakit di bawah naungan YAYASAN KESEHATAN PANTI KOSALA (YKPK) ini siap memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat bukan hanya di Rumah Sakit melainkan juga di lingkungan sekitar. Rumah Sakit yang dipimpin dr. William Tanoyo, M.Kes ini ingin selalu dekat dengan masyarakat.

Kegiatan Bakti Sosial Layanan Kesehatan diikuti kurang lebih 80  warga. Ratusan warga yang hadir tersebut kemudian dilayani Tim Kesehatan RUMAH SAKIT Dr. OEN KANDANG SAPI SOLO yang berjumlah 9 orang. Satu per satu warga dipersilakan bergantian melakukan pendaftaran. Setelah itu, warga dipanggil untuk memperoleh layanan pemeriksaan dan konsultasi gratis dengan dokter Rumah Sakit.

Bukan hanya itu, warga yang memeriksakan diri juga berhak membawa pulang obat sesuai resep dokter. Dalam mengakses layanan kesehatan dan obat, warga dipersilakan masuk ke ruangan di Gedung Pertemuan yang telah diubah sedemikian rupa sehingga menyerupai ruang pemeriksaan dan ruang farmasi yang layak.

SELAMAT BERGABUNG

RUMAH SAKIT Dr. OEN KANDANG SAPI SOLO Berbagi Resep Bekal Sehat di Acara Peringatan Hari Kesehatan Nasional Oleh UPT Puskemas Penumping

Puluhan ibu-ibu bangkit dari tempat duduk seketika melihat Ahli Gizi RUMAH SAKIT Dr. OEN KANDANG SAPI SOLO, Ibu Ruth Hanani S., S.Gz menunjukkan "Granat Udang", Rabu, 13 November 2019 pagi. Mereka bersama-sama maju ke arah Ibu Ruth karena penasaran dengan wujud menu makanan sehat yang dibuat oleh chef Rumah Sakit. Granat udang merupakan makanan yang dibuat dari bahan udang yang diselimuti olahan kentang kukus. Makanan sehat ini sengaja dibentuk seperti granat agar anak-anak lebih tertarik untuk memakan kentang yang mengandung zat karbohidrat dan tentunya udang yang mengandung protein tinggi. Makanan ini bisa dijadikan pilihan bagi orang tua saat ingin memberikan bekal sehat untuk anak. Ibu Ruth menunjukkan menu granat udang saat berkesempatan menjadi pembicara dalam Talkshow bertema "Bekalku Sehat, Prestasi Meningkat" yang diselenggarakan UPT Puskesmas Penumping, Laweyan, Solo di Hotel Dana Solo. Acara itu diadakan Puskesmas dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55. Ibu Ruth yang hadir bersama Chef RUMAH SAKIT Dr. OEN KANDANG SAPI SOLO, Ibu Yuniar Purwanti saat itu bukan hanya membagikan resep pembuatan granat udang. Tim Gizi Rumah Sakit juga berbagi informasi mengenai cara membuat olahan makanan sehat lain, seperti bola tempe kaki gurita dan sushi nuget. Semua makanan itu dibuat dengan bahan makanan yang mudah dijumpai. Bahan makanan hanya dikreasikan agar diminati anak-anak zaman now.

Dalam paparannya, Ibu Ruth menyarankan kepada para ibu-ibu untuk selalu menyiapkan sarapan bagi anak-anak. Beliau menekankan, bahwa sarapan memiliki banyak manfaat, di antaranya membantu melancarkan metabolisme tubuh, meningkatkan daya konsentrasi anak (sehingga berpotensi meningkatkan prestasi belajar), membantu anak-anak agar tidak cepat mengantuk, dan memberikan energi cukup untuk proses pertumbuhan buah hati.

"Setelah kurang lebih 8-10 jam tidur, anak-anak jelas butuh energi untuk memulai aktivitas. Maka sangat baik ibu-ibu memberikan sarapan bagi anak-anak. Dengan memberikan sarapan, ibu-ibu juga secara tidak langsung mengajari anak-anak untuk disiplin," terang Ibu Ruth.

Tak mau hanya ceramah, saat berbagi resep, Ibu Ruth dan Ibu Yuyun, sapaan akrab Ibu Yuniar, juga mengajak sebagian ibu-ibu untuk praktik langsung mengolah bahan makanan dan menyajikanya ke dalam kotak makan. Para ibu-ibu yang berkesempatan maju pun tampak antusias menerima tantangan untuk membuat sushi nuget. Mereka tidak mau kalah dengan Ibu Yuyun untuk bisa menyajikan sushi nuget semenarik mungkin agar diminati sang buah hati maupun cucu.

“Saya juga punya anak kecil. Dulu sempat anak saya ini susah diajak sarapan atau makan. Dia tidak mau makan apa yang saya siapkan. Namun setelah saya coba ajak ngobrol pada hari sebelumnya, saya tanya ingin sarapan apa? Makan apa? Kemudian dia jawab ingin A, ingin B, dan saya coba siapkan itu, anak saya ini jadi mau makan. Jadi coba ibu-ibu mulai libatkan anak saat ingin memasak,” ujar Ibu Yuyun membagikan tips di sela-sela memberikan keterampilan membuat sushi nuget.

Kegiatan talkshow berakhir sekitar pukul 12.00 WIB. Sebagai hadiah atau kenang-kenangan, Unit Gizi RUMAH SAKIT Dr. OEN KANDANG SAPI SOLO memperbolehkan ibu-ibu yang berinisiatif maju untuk membawa pulang bekal atau bento yang telah disiapkan bersama chef Rumah Sakit. Ibu Ruth dan Ibu Yuyun juga mempersilakan para peserta talkshow lain mencicipi olahan makanan udang granat dan sushi nuget sehat yang dibuat oleh chef di Rumah Sakit. Ibu Ruth menganjurkan kepada orang tua untuk senantiasa memenuhi angka kecukupan gizi (AKG harian) anak dengan cara memberikan makan besar 3 kali per hari dan cemilan 2-3 kali per hari. Beliau mengungkapkan RUMAH SAKIT Dr. OEN KANDANG SAPI SOLO mempunyai layanan Cafe Diet yang siap membantu para orang tua menyiapkan olahan makanan sehat bagi keluarga.

Sementara itu, Kepala Tata Usaha (TU) UPT Puskesmas Penumping, Siswadi, menyampaikan terima kasih kepada RUMAH SAKIT Dr. OEN KANDANG SAPI SOLO yang berkenan menjadi pembicara dalam acara peringatan HKN ini. UPT Puskesmas Penumping mengadakan talkshow dengan tema “Bekalku Sehat, Prestasi Meningkat” tidak lain untuk meningkatkan taraf kesehatan masyarakat Kota Solo khususnya, dengan mendorong konsumsi makanan sehat. Beliau berharap para orang tua mulai memperhatikan menu makanan yang disajikan kepada anak.

PINTU MASUK POLIKLINIK PINDAH KE LANTAI BASEMENT 1

Lomba Cuci Tangan dan Ringkas, Rapi, Resik, Rawat dan Rajin di RUMAH SAKIT Dr. OEN KANDANG SAPI SOLO

Setelah melewati proses cukup panjang, akhirnya terpilih juga juara Lomba Cuci Tangan dan Ringkas, Rapi, Resik, Rawat dan Rajin (5R) antarunit di RUMAH SAKIT Dr. OEN KANDANG SAPI SOLO. Penilaian lomba yang diadakan dalam rangka memeringati Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia (HCPS) 2019 tersebut diselenggarakan pada tanggal 11-12 Oktober dan 14-15 Oktober 2019 lalu.

Pagi ini, Selasa, 12 November 2019, Jajaran Direksi, Kepala Bidang, Kepala Seksi hingga Kepala Sub Seksi masing-masing unit di Rumah Sakit berkumpul di Ruang Diklat untuk menyaksikan pengumuman pemenang lomba Cuci Tangan dan 5R.

Ketua Komite Keperawatan Rumah Sakit, Ibu Tri Susilowati, S.Kep.Ns, dalam sambutannya, menyampaikan lomba ini diadakan untuk meninjau kembali bagaimana keringkasan, kerapian, keresikan, perawatan dan kerajinan karyawan Rumah Sakit, khususnya dalam mencuci tangan baik sebelum maupun sesudah melakukan kegiatan.

Menginjak acara yang dinanti-nanti, Ibu Tri Susilowati, S.Kep.Ns mengumumkan juara lomba. Dimulai dari juara ketiga, yakni diraih oleh unit Kebersihan dan Taman dengan nilai 124, kemudian juara kedua diraih oleh Klinik VCT dengan nilai 126, dan nilai tertinggi sejumlah 132 disematkan kepada Instalasi Laboratorium sehingga berhasil menjadi juara pertama.

Penyerahan hadiah lomba secara simbolis diserahkan oleh Direktur Utama Rumah Sakit, dr. William Tanoyo, M.Kes kepada unit pemenang yang diwakili Kepala Sub Seksi Instalasi Laboratorium, Ibu Lanny Setyawati, AMd. AK; Koordinator Klinik VCT, Ibu BM Susilowati, S.Kep. Ns., M.Kes; dan Bapak Darji selaku Kepala Sub Seksi Kebersihan dan Taman.

Sebagai informasi, Lomba Cuci Tangan dan 5R disiapkan Komite Pencegahan dan Perlindungan Infeksi (PPI) Rumah Sakit. Lomba ini melibatkan sebanyak 11 juri yang ditunjuk oleh panitia. Ketika melakukan kunjungan ke ruangan, beberapa karyawan merasa terkejut karena belum melakukan persiapan matang dengan menata ruangan sebaik mungkin.

Selain mengecek kondisi ruangan, tim juri khususnya perwakilan dari Komite PPI, yakni Bapak Budiyono, AMK dan Ibu Ririn Indriasrini, AMK juga melakukan pengujian ke sejumlah karyawan untuk melakukan praktik cuci tangan langsung dengan menggunakan 6 langkah yang benar. TE-PUNG-SE-LA-CI-PUT-PUT menjadi andalan para karyawan untuk mengingat langkah-langkah dalam proses cuci tangan itu sendiri.

Dimulai dari TE yang merupakan kepanjangan dari telapak tangan, PUNG yaitu punggung tangan, SE-LA yang berarti sela-sela antara jari-jari, dan CI mengilustrasikan gerakan tangan yang saling mengunci, serta PUT berarti putaran untuk di sekitaran kedua jempol di tangan dan yang PUT terakhir merupakan kepanjangan istilah untuk putaran unjung-ujung jari dari tangan ke telapak tangan. Dengan mengingat hal ini para karyawan dapat dengan mudah menerapkan cuci tangan 6 langkah secara benar sesuai yang diharapkan Komite PPI.

 

 

Di samping itu, tim juri yang bertugas untuk meninjau kondisi dari ruangan kerja yang dipakai oleh tiap unit juga memberikan masukan supaya barang-barang yang tidak pada tempatnya agar lebih dirapikan. Tim juri juga memberikan saran penyimpanan bahan berbahaya dan beracun (B3) mesti diberi label agar lebih dikenali. Dimulai pada hari pertama sampai hari keempat tim juri telah mengadakan kunjungan ke 41 unit ruangan dengan alokasi waktu 2-5 jam setiap harinya.

Subcategories

  • Latest
    The latest news from the Joomla! Team

Instalasi Gawat Darurat

Instalasi Gawat Darurat

Melayani kegawat daruratan medik, baik kasus trauma maupun non trauma, termasuk resusitasi secara optimal dan profesional, guna mencegah kematian dan kecacatan penderita.
Read More About This Feature...

 

Cari Dokter

Cari Dokter

Semua informasi jadwal Dokter Spesialis dan Dokter Klinik kami tampilkan disini.
Read More About This Feature...

 

Sejarah RS Dr. Oen Surakarta

Sejarah RS Dr. Oen KANDANG SAPI SOLO

Pada tanggal 29 Januari 1933 berdiri poliklinik kecil di sebuah paviliun sederhana di Jl Mesen 106 Solo, yang didirikan oleh Perkumpulan Hua Chiao Tsing Nien Hui (HCTNH).
Read More About This Feature...

 

Penghargaan

Pada tahun 2014 RS kembali mendapatkan SBBI kategori Rumah Sakit Swasta seperti 3 tahun berturut-turut sebelumnya. Ini merupakan penghargaan keempat yang berturut-turut didapatkan oleh Rumah Sakit untuk kategori yang sama. Pada tahun ini, Rumah Sakit Dr. OEN Surakarta juga mendapatkan penghargaan "WOW Service Excellent Award" dari Mark Plus untuk kategori Rumah Sakit Umum dengan jumlah tempat tidur lebih dari 200. Find Out How...

RS Dr. Oen KANDANG SAPI SOLO

Jl. Brigjend Katamso No.55

Surakarta 57128 - Jateng

Telp. 0271 - 643139 Hunting
Fax.  0271 - 642026

Rencana Pencapaian

Atas penyertaan serta anugerah Tuhan yang Maha Kasih dan dukungan dari masyarakat Solo dan sekitarnya yang telah mempercayakan perawatan kesehatan di RS Dr. OEN SURAKARTA maupun berkat PENGURUS YAYASAN KESEHATAN PANTI KOSALA yang berprinsip non profit, akan membangun gedung twin tower dengan 7 lantai ke atas dan 2 lantai basement.