Home

Dekompresi Mikrovaskuler (MVD)

Trigeminal Neuralgia adalah nyeri yang terjadi secara mendadak pada satu sisi wajah (umumnya sisi wajah sebelah kanan), di dalam mulut dan gigi Read more...

CT Scan

CT Scan adalah alat pemindai yang dapat digunakan untuk mendiagnosis dan memonitor beragam kondisi kesehatan, pemeriksaan yang dapat dikerjakan antara lain Read more...

Laparoscopy

Laparoscopy adalah suatu tindakan bedah minimal yang umumnya ditujukan untuk mengurangi resiko yang didapatkan pada operasi besar Read more...

RUMAH SAKIT Dr. OEN KANDANG SAPI SOLO

RUMAH SAKIT Dr. OEN SURAKARTA berada di bawah naungan YAYASAN KESEHATAN PANTI KOSALA yang mempunyai prinsip NOT FOR PROFIT  dimana sisa hasil usaha tidak dibagi ke Pengurus YKPK, tetapi digunakan untuk peningkatan pelayanan berupa pengembangan kompetensi SDM dan peralatan medis secara kontinu, serta pembangunan fisik.

Dengan penyertaan-Nya dan kepercayaan warga Surakarta maupun sekitarnya dalam  layanan kesehatan, maka tahun 2017 dimulai pelayanan di gedung baru "Twin Towers" dengan konsep jalur terpisah (D' Oen healthy area) untuk pasien dan pengunjung dengan tujuan memberikan pelayanan yang terbaik, dalam rangka ikut ambil bagian program Pemerintah di bidang kesehatan.

Tahun 2019 ini menjadi sejarah baru dalam perjalanan RUMAH SAKIT Dr. OEN SURAKARTA yang berlokasi di daerah Kandang Sapi, secara resmi sejak tanggal 20 Juli menggunakan nama RUMAH SAKIT Dr. OEN KANDANG SAPI SOLO, yang lebih dikenal masyarakat.

Penggunaan nama tersebut bertujuan untuk semakin mendekatkan diri dengan masyarakat dan harapan semakin nyata dalam meningkatkan kualitas serta mutu pelayanan, sehingga dapat menjadi pilihan dalam pelayanan kesehatan bagi masyarakat Surakarta dan sekitarnya, sesuai visi Rumah Sakit.

 

 

 

Find Out More About This...

BAGAIMANA CARA MENGATASI KEPUTIHAN?

Keputihan Berlangsung Lama dan Terasa Mengganggu, Bagaimana Solusinya?

Narasumber: dr. Syah Rini Wisdayanti, Sp.OG. M. Kes

Dokter Spesialis Kandungan dan Kebidanan

RUMAH SAKIT Dr. OEN KANDANG SAPI SOLO

 

Dok mau tanya, kalau cara mengatasi keputihan bagaimana ya? Soalnya istri saya sudah berbulan-bulan mengalami keputihan, dan baunya sangat mengganggu. Terima kasih.

 

Terima kasih kepada Bapak E yang sudah bertanya kepada RUMAH SAKIT Dr. OEN KANDANG SAPI SOLO melalui Program Tanya Droenska Edisi 9 Bulan September 2020. Kami akan menjawab pertanyaan Bapak mengenai keputihan yang dialami oleh istri Bapak selama berbulan-bulan hingga terasa mengganggu.

 

Keputihan adalah keadaan munculnya lendir atau getah dari leher rahim (serviks). Lendir ini berasal dari kelenjar keringat yang berada di leher rahim. Keputihan terdiri dari dua jenis, yaitu keputihan fisiologis dan keputihan patologis.

 

Keputihan fisiologis merupakan keputihan yang sewajarnya terjadi. Paling sering terjadi ketika masa subur. Ketika wanita melakukan banyak aktivitas yang menyebabkan area kewanitaan terasa panas dan lembap, lendir keputihan ini akan muncul. Lendir berbentuk cair, tidak berbau menyengat, dan berwarna bening atau putih cerah.

 

Sedangkan keputihan patologis sudah termasuk dalam kategori yang tidak normal karena disebabkan oleh bakteri. Keputihan ini bisa terjadi kapan saja. Bakteri tersebut menggeser bakteri yang menjaga kadar asam (Ph) di organ vital wanita. Karena kadar asam tersebut bergeser dan terjadi infeksi bakteri, keputihan muncul disertai bau yang tidak sedap.

 

Keputihan yang masih dalam kategori normal bisa dicegah dengan menjaga kelembapan area kewanitaan, rutin mengganti celana dalam, lalu membasuh organ intim (cebok) dengan cara satu arah dari depan ke belakang untuk menghindari kotoran dari area dubur masuk ke organ intim. Penggunaan sabun antiseptik tidak dianjurkan karena kandungan alkohol dan pewangi dapat menggeser keseimbangan kadar asam (Ph) di area kewanitaan. Membasuh organ intim wanita cukup menggunakan air bersih.

 

Perlu kita waspadai jika keputihan mulai menunjukkan gejala yang tidak normal, misalnya terjadi dalam waktu yang lama, muncul bau tidak sedap, warna berubah, terasa gatal dan panas, bahkan jika sudah berdarah, terasa nyeri, dan mengganggu kualitas hubungan suami istri. Apabila gejala tersebut muncul, sebaiknya segera dikonsultasikan dengan Dokter Spesialis Kandungan dan Kebidanan agar dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

 

Layanan Dokter Spesialis Kandungan dan Kebidanan tersedia setiap pagi dan sore di Klinik Ibu dan Anak (KIA) RUMAH SAKIT Dr. OEN KANDANG SAPI SOLO yang terletak di area sehat Rumah Sakit, yakni D’Oen Healthy Area. Untuk mengetahui jadwal praktik dokter dan mendaftar, dapat dilakukan secara online melalui aplikasi Android Droenska Mobile.

 

Demikian penjelasan ini kami sampaikan. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

 

Memperingati Hari Rabies Sedunia 2020, End Rabies: Collaborate, Vaccinate

KONTES FOTO "Ning Dr. OEN Ora lali nganggo masker"



Selamat Hari Apoteker Sedunia

Selamat Hari Apoteker Sedunia

"Cermat Menyikapi Informasi dan Peredaran Obat Online"

Mari kita dukung peran Apoteker dalam pelayanan kesehatan kepada masyarakat di masa pandemi ini.
Buat kamu yang periksa dan takut menunggu obat yang lama di Rumah Sakit tak perlu khawatir kini telah hadir Layanan Antar Obat di RUMAH SAKIT Dr. OEN KANDANG SAPI SOLO.

SERUNYA GOWES KE TEMPAT KERJA, NGGAK PAKAI KENDOR MESKI JAUH DARI RUMAH

Kriing.....kriiing....suara bel sepeda terdengar nyaring di pintu masuk lantai Basement 2 RUMAH SAKIT Dr. OEN KANDANG SAPI SOLO. Beberapa karyawan Rumah Sakit mengayuh sepeda memasuki area parkir karyawan dengan senyum mengembang. Ada yang berbeda, area parkir karyawan yang biasanya dipadati sepeda motor, hari ini digantikan dengan barisan sepeda kayuh yang berjejer rapi.

Selasa, 22 September 2020 dalam rangka World Car Free Day, Rumah Sakit menyelenggarakan kegiatan “Bike To Work” atau bersepeda ke tempat kerja. Disini para civitas hospitalia tidak hanya diajak untuk bersepeda agar lebih sehat namun juga merayakan “On Now Moment” sambil sejenak melihat lingkungan sekitar saat berangkat kerja.

Kegiatan bike to work tidak hanya diikuti oleh para karyawan yang tinggal dekat dengan RS, ada juga beberapa karyawan yang harus menempuh jarak lebih dari 10 km untuk menuju tempat kerja mereka. Dalam pandemi COVID-19 seperti ini menjaga daya tahan tubuh sangat penting, bersepeda menjadi salah satu alternatif dalam menjaga daya tahan tubuh. Namun perlu diingkat bahwa berolahraga pun tetap harus mematuhi protokol kesehatan. Salah satunya adalah tetap memakai masker, seperti yang dilakukan oleh para bikers #droenska saat bersepeda menuju Rumah Sakit.

 

MAKSIMALKAN PELAYANAN PADA MASYARAKAT, JASA RAHARJA MELAKUKAN RAPID TES BERSAMA RUMAH SAKIT Dr. OEN KANDANG SAPI SOLO

 

Rutin menyediakan pelayanan kesehatan kepada seluruh masyarakat, sore ini  Senin 21 September 2020 RUMAH SAKIT Dr. OEN KANDANG SAPI SOLO dipilih oleh PT. Jasa Raharja (Persero) Perwakilan Surakarta untuk melakukan pemeriksaan Rapid Test kepada 28 karyawannya.


Uji tes antibodi IgG dan IgM, SARS Cov-2 dengan metode CLIA dan uji swab tes-PCR COVID-19 disediakan oleh RUMAH SAKIT Dr. OEN KANDANG SAPI SOLO bagi masyarakat yang hendak mengetahui kondisi kesehatannya.



Dalam pelaksanaan pelayanan kepada karyawan perusahaan yang bergerak dibidang asuransi sosial ini, dilakukan screening awal oleh perawat dan pengambilan sampel darah untuk kemudian diuji cepat di Laboratorium Rumah Sakit.

Pemeriksaan dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan, yakni menggunakan APD lengkap dan menjaga jarak.

Melalui pelayanan ini, diharapkan dapat mendeteksi adanya infeksi virus corona di dalam tubuh, sehingga dapat diupayakan pengobatan atau pencegahan. Selain itu, kegiatan ini juga merupakan bentuk kepedulian yang bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia.


#droenska
#droenkansa
#87thdroenska
#melayanisepenuhhati
#rapidtest
#swabtest
#PCR
#bersamalawanCOVID19
#jasaraharjasolo
#rumahsakitsolo
#solosigab
#DROENSKATetapAman

Subcategories

  • Latest
    The latest news from the Joomla! Team

Instalasi Gawat Darurat

Instalasi Gawat Darurat

Melayani kegawat daruratan medik, baik kasus trauma maupun non trauma, termasuk resusitasi secara optimal dan profesional, guna mencegah kematian dan kecacatan penderita.
Read More About This Feature...

 

Cari Dokter

Cari Dokter

Semua informasi jadwal Dokter Spesialis dan Dokter Klinik kami tampilkan disini.
Read More About This Feature...

 

Sejarah RS Dr. Oen Surakarta

Sejarah RS Dr. Oen KANDANG SAPI SOLO

Pada tanggal 29 Januari 1933 berdiri poliklinik kecil di sebuah paviliun sederhana di Jl Mesen 106 Solo, yang didirikan oleh Perkumpulan Hua Chiao Tsing Nien Hui (HCTNH).
Read More About This Feature...

 

Penghargaan

Pada tahun 2014 RS kembali mendapatkan SBBI kategori Rumah Sakit Swasta seperti 3 tahun berturut-turut sebelumnya. Ini merupakan penghargaan keempat yang berturut-turut didapatkan oleh Rumah Sakit untuk kategori yang sama. Pada tahun ini, Rumah Sakit Dr. OEN Surakarta juga mendapatkan penghargaan "WOW Service Excellent Award" dari Mark Plus untuk kategori Rumah Sakit Umum dengan jumlah tempat tidur lebih dari 200. Find Out How...

SURVEI KEPUASAN PELANGGAN 
 
Dalam upaya meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan RUMAH SAKIT Dr. OEN KANDANG SAPI SOLO, kami mohon kesediaan Bapak/ Ibu untuk berkenan mengisi Survei Kepuasan Pelanggan yang akan menjadi acuan dalam evaluasi atas kualitas pelayanan kami. Read More

RS Dr. Oen KANDANG SAPI SOLO

Jl. Brigjend Katamso No.55

Surakarta 57128 - Jateng

Telp. 0271 - 643139 Hunting
Fax.  0271 - 642026

Rencana Pencapaian

Atas penyertaan serta anugerah Tuhan yang Maha Kasih dan dukungan dari masyarakat Solo dan sekitarnya yang telah mempercayakan perawatan kesehatan di RS Dr. OEN SURAKARTA maupun berkat PENGURUS YAYASAN KESEHATAN PANTI KOSALA yang berprinsip non profit, akan membangun gedung twin tower dengan 7 lantai ke atas dan 2 lantai basement.