Home

Dekompresi Mikrovaskuler (MVD)

Trigeminal Neuralgia adalah nyeri yang terjadi secara mendadak pada satu sisi wajah (umumnya sisi wajah sebelah kanan), di dalam mulut dan gigi Read more...

CT Scan

CT Scan adalah alat pemindai yang dapat digunakan untuk mendiagnosis dan memonitor beragam kondisi kesehatan, pemeriksaan yang dapat dikerjakan antara lain Read more...

Laparoscopy

Laparoscopy adalah suatu tindakan bedah minimal yang umumnya ditujukan untuk mengurangi resiko yang didapatkan pada operasi besar Read more...

RUMAH SAKIT Dr. OEN KANDANG SAPI SOLO

RUMAH SAKIT Dr. OEN SURAKARTA berada di bawah naungan YAYASAN KESEHATAN PANTI KOSALA yang mempunyai prinsip NOT FOR PROFIT  dimana sisa hasil usaha tidak dibagi ke Pengurus YKPK, tetapi digunakan untuk peningkatan pelayanan berupa pengembangan kompetensi SDM dan peralatan medis secara kontinu, serta pembangunan fisik.

Dengan penyertaan-Nya dan kepercayaan warga Surakarta maupun sekitarnya dalam  layanan kesehatan, maka tahun 2017 dimulai pelayanan di gedung baru "Twin Towers" dengan konsep jalur terpisah (D' Oen healthy area) untuk pasien dan pengunjung dengan tujuan memberikan pelayanan yang terbaik, dalam rangka ikut ambil bagian program Pemerintah di bidang kesehatan.

Tahun 2019 ini menjadi sejarah baru dalam perjalanan RUMAH SAKIT Dr. OEN SURAKARTA yang berlokasi di daerah Kandang Sapi, secara resmi sejak tanggal 20 Juli menggunakan nama RUMAH SAKIT Dr. OEN KANDANG SAPI SOLO, yang lebih dikenal masyarakat.

Penggunaan nama tersebut bertujuan untuk semakin mendekatkan diri dengan masyarakat dan harapan semakin nyata dalam meningkatkan kualitas serta mutu pelayanan, sehingga dapat menjadi pilihan dalam pelayanan kesehatan bagi masyarakat Surakarta dan sekitarnya, sesuai visi Rumah Sakit.

 

 

 

Find Out More About This...

BAGAIMANA CIRI-CIRI FESES YANG MENUNJUKKAN BAHWA USUS KITA SEHAT?

 

BAGAIMANA CIRI-CIRI FESES YANG MENUNJUKKAN BAHWA USUS KITA SEHAT?

 

Narasumber: dr. Antary Desvi Dania, Sp.PD

Dokter Spesialis Penyakit Dalam

RUMAH SAKIT Dr. OEN KANDANG SAPI SOLO

 

Saya ingin menanyakan tentang kesehatan yang bisa dicek melalui BAB. Bagaimana ciri-ciri feses yang menunjukkan bahwa usus kita sehat/ normal, apakah harus berbentuk seperti pisang/ sosis dan panjang-panjang? Dan bagaimana jika feses padat tapi berupa potongan pendek? Apakah itu tidak apa-apa?

 

Terima kasih kepada Ibu F yang sudah bertanya kepada RUMAH SAKIT Dr. OEN KANDANG SAPI SOLO melalui Program Tanya Droenska Edisi 7 Bulan Juli 2020. Kami akan menjawab pertanyaan Ibu terkait Kesehatan yang bisa dicek melalui feses (tinja).

Feses adalah sisa hasil dari proses pencernaan yang mengandung zat-zat yang tidak berguna di dalam tubuh. Oleh karena itu, feses harus kita buang. Kita ketahui bahwa selain darah dan urine, feses juga bisa menjadi bahan pemeriksaan untuk melihat kondisi kesehatan kita. Sebelum mengetahui ciri-ciri feses yang menunjukkan bahwa tubuh kita sehat, kita ketahui dahulu dari karakteristik bentuk atau tipenya.

Menurut Skala Tinja Bristol (Bristol Stool Chart) yang disusun oleh Universitas Bristol di Inggris, terdapat tujuh tipe feses yang diukur dari kepadatannya. Tipe pertama, feses berbentuk bulat seperti kacang, keras, dan sulit untuk dikeluarkan. Tipe kedua, feses berbentuk lonjong seperti sosis namun masih terlihat menggumpal. Kedua tipe feses ini menandakan adanya konstipasi atau sembelit yang disebabkan oleh gangguan sistem pencernaan atau asupan nutrisi yang kurang tepat.

Tipe ketiga, feses berbentuk lonjong seperti sosis namun permukaannya kurang rata dan ada sedikit retakan. Tipe keempat, feses berbentuk lonjong seperti sosis/ ular dengan tekstur empuk dan halus. Tipe feses tersebut menandakan bahwa sistem pencernaan kita sehat karena jumlah cairan, nutrisi tubuh, serta aktivitas fisik kita seimbang.

Tipe kelima, feses berbentuk seperti gumpalan namun mudah dikeluarkan. Tipe keenam, feses memiliki permukaan halus, mudah cair dan sangat mudah dikeluarkan. Tipe ketujuh, feses sama sekali tidak berbentuk dan cair. Jika kita menemui tipe feses seperti tipe lima, enam, dan tujuh, ada baiknya kita waspada karena tipe tersebut sudah mengarah ke diare yang juga menandakan sistem pencernaan kita kurang sehat.

Bagaimana jika feses berbentuk padat tapi berupa potongan-potongan pendek? Bisa jadi kondisi tersebut masih normal, namun juga bisa jadi ada masalah. Selain bentuk feses, perlu dilakukan pemeriksaan terhadap warna feses, konsistensinya dan apakah ada lendir atau darah yang keluar bersama feses tersebut.

Bila ingin melakukan pemeriksaan feses (tinja), Ibu dapat melakukan pemeriksaan di Laboratorium atau konsultasi terlebih dahulu dengan Dokter. Ibu dapat mengecek jadwal Dokter dan mendaftar melalui aplikasi android Droenska Mobile.

Demikian penjelasan ini kami sampaikan. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Instalasi Gawat Darurat

Instalasi Gawat Darurat

Melayani kegawat daruratan medik, baik kasus trauma maupun non trauma, termasuk resusitasi secara optimal dan profesional, guna mencegah kematian dan kecacatan penderita.
Read More About This Feature...

 

Cari Dokter

Cari Dokter

Semua informasi jadwal Dokter Spesialis dan Dokter Klinik kami tampilkan disini.
Read More About This Feature...

 

Sejarah RS Dr. Oen Surakarta

Sejarah RS Dr. Oen KANDANG SAPI SOLO

Pada tanggal 29 Januari 1933 berdiri poliklinik kecil di sebuah paviliun sederhana di Jl Mesen 106 Solo, yang didirikan oleh Perkumpulan Hua Chiao Tsing Nien Hui (HCTNH).
Read More About This Feature...

 

Penghargaan

Pada tahun 2014 RS kembali mendapatkan SBBI kategori Rumah Sakit Swasta seperti 3 tahun berturut-turut sebelumnya. Ini merupakan penghargaan keempat yang berturut-turut didapatkan oleh Rumah Sakit untuk kategori yang sama. Pada tahun ini, Rumah Sakit Dr. OEN Surakarta juga mendapatkan penghargaan "WOW Service Excellent Award" dari Mark Plus untuk kategori Rumah Sakit Umum dengan jumlah tempat tidur lebih dari 200. Find Out How...

SURVEI KEPUASAN PELANGGAN 
 
Dalam upaya meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan RUMAH SAKIT Dr. OEN KANDANG SAPI SOLO, kami mohon kesediaan Bapak/ Ibu untuk berkenan mengisi Survei Kepuasan Pelanggan yang akan menjadi acuan dalam evaluasi atas kualitas pelayanan kami. Read More

RS Dr. Oen KANDANG SAPI SOLO

Jl. Brigjend Katamso No.55

Surakarta 57128 - Jateng

Telp. 0271 - 643139 Hunting
Fax.  0271 - 642026

Rencana Pencapaian

Atas penyertaan serta anugerah Tuhan yang Maha Kasih dan dukungan dari masyarakat Solo dan sekitarnya yang telah mempercayakan perawatan kesehatan di RS Dr. OEN SURAKARTA maupun berkat PENGURUS YAYASAN KESEHATAN PANTI KOSALA yang berprinsip non profit, akan membangun gedung twin tower dengan 7 lantai ke atas dan 2 lantai basement.