Instalasi Rehabilitasi Medik

Instalasi Rehabilitasi Medik

  INSTALASI REHABILITASI MEDIK

RUMAH SAKIT DR. OEN KANDANG SAPI SOLO

Instalasi Rehabilitasi Medik merupakan bagian di RUMAH SAKIT Dr. OEN KANDANG SAPI SOLO yang memberikan pelayanan terapi fisik dan rehabilitasi secara terintegrasi dan komprehensif yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup dengan mengurangi keterbatasan atau gangguan fungsi yang ada. Gangguan yang terjadi dapat disebabkan oleh penyakit, proses degeneratif, trauma, gangguan tumbuh kembang pada anak.

Instalasi Rehabilitasi Medik RUMAH SAKIT Dr. OEN KANDANG SAPI SOLO terdiri dari Dokter Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi, Fisioterapis, Okupasi Terapis, Terapis Wicara, dan Psikolog.

Pelayanan Instalasi Rehabilitasi Medik RUMAH SAKIT Dr. OEN KANDANG SAPI SOLO meliputi :

  1. Konsultasi dengan Dokter Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi (Sp. KFR), berupa:
    1. Pemeriksaan
    2. Penegakkan diagnosis
    3. Peresepan program terapi dan evaluasi
    4. Tindakan dokter dengan menggunakan Radial Shock Wave Theraphy (RSWT)
    5. Pemeriksaan menggunakan USG muskuloskletal
  2. Fisioterapi, adalah pelayanan kesehatan yang ditujukan kepada individu dan atau kelompok untuk mengembangkan, memelihara, memulihkan gerak dan fungsi tubuh sepanjang daur kehidupan dengan menggunakan penanganan secara manual, peningkatan gerak, peralatan (fisik, elektroterapeutik, dan mekanik), dan pelatihan fungsi.
  3. Okupasi Terapi, yaitu penyembuhan atau pemulihan kembali melalui aktivitas fungsional, kegiatan atau pekerjaan dalam kehidupan sehari-hari.
  4. Terapi Wicara, memberikan terapi pada penderita gangguan komunikasi yaitu gangguan kelainan bahasa, bicara, suara , irama/ kelancaran dan gangguan menelan sehingga penderita mampu berinteraksi dengan lingkungan secara wajar.
  5. Ortotik Prostetik, yaitu merupakan pelayanan kesehatan yang meliputi pengukuran, pembuatan, pengepasan alat bantu dan alat ganti anggota gerak tubuh manusia yang hilang/ disabilitas.
  6. Psikolog, yaitu pelayanan kesehatan di bidang psikologi yang mempelajari tingkah laku dan proses mental manusia secara ilmiah.
  7. Pelayanan rehabilitasi medik anak

 

 

Instalasi Rehabilitasi Medik memberikan pelayanan berupa Fisioterapi, Okupasi Terapi, Terapi Wicara, Klinik Rehabilitasi Medik Anak

 

 

 

 

Tindakan dan alat Khusus Instalasi Rehabilitasi Medik RUMAH SAKIT Dr. OEN KANDANG SAPI SOLO

1. Radial Shock Wave Therapy (RSWT)

 
   

 

Radial Shock Wave Therapy (RSWT) atau terapi gelombang kejut radialadalah alat terapi canggih yang digunakan untuk penanganan nyeri dan mengembalian mobilitas secara cepat. Gelombang akustik yang dikeluarkan menghasilkan efek biologis untuk mempercepat regenerasi dan proses penyembuhan pada tulang, tendon, dan jaringan lunak lainnya.

Keunggulan alat ini adalah dapat digunakan sebagai alternatif non bedah dan mengurangi kebutuhan obat pereda nyeri (pain killers) untuk berbagai indikasi nyeri sub akut, sub kronis, dan kronis serta nyeri trigger points myofascial.

Indikasi : Plantar fasciitis, Tennis Elbow, Shoulder Calcific Tendinitis, Achilles Peritendinopathy, Myofascial Trigger Poin Syndrome, dll

 

2. Ultrasonografi (USG) Muskuloskeletal

 

Ultrasonografi (USG) Muskuloskeletal merupakan pemeriksaan medis non-invasif yang membantu dokter melakukan diagnosis dan tatalaksana masalah medis. Pemeriksaan ini aman dan bebas nyeri, digunakan untuk melihat struktur yang ada di dalam tubuh, menggunakan gelombang suara.

Pemeriksaan ultrasonografi menggunakan alat transducer (probe) dan gel yang dioleskan di atas kulit. Gelombang suara frekuensi tinggi akan ditransmisikan dari probe melalui gel di kulit. Transducer akan mengumpulkan gelombang suara yang memantul dari dalam tubuh dan komputer akan menggunakan gelombang suara untuk menciptakan gambar di layar. Ultrasonografi tidak menggunakan radiasi ionizing (seperti pada X-ray), sehingga tidak ada paparan radiasi terhadap pasien. Selain kelebihan tersebut, Ultrasonografi bisa menangkap gambar dengan segera, sehingga dapat menunjukkan struktur dan gerakan organ di dalam tubuh. Ultrasonografi muskuloskeletal akan memberikan gambaran otot, tendon, ligamen, sendi, dan jaringan lunak dalam tubuh.

 3.Manual Lymphe Drinage Vodder (MLDV)

Manual Lymphe Drinage Vodder (MLDV) adalah salah satu teknik fisioterapi terbaru yang ada di Indonesia saat ini. MLDV adalah teknik manual untuk membantu mengalirkan cairan dari jaringan melalui kelenjar getah bening dengan pemijatan ringan yang bertujuan untuk merangsang sirkulasi limfe.

4. BOBATH Concept

Bed BOBATH

Bobath Concept adalah serangkaian pemeriksaan dan treatment pada individu dengan gangguan fungsi, gerak, dan kontrol postur tubuh karena lesi sistem saraf pusat (SSP). Bobath dapat diterapkan pada individu dari semua umur, semua derajat fisik dan kecacatan fungsional, untuk memungkinkan pola pergerakan yang lebih efisien. Tujuan yang akan dicapai dengan konsep ini adalah:

 

  1. Mengidentifikasi area spesifik otot-otot anti gravitasi yang mengalami penurunan tonus (kekuatan otot)
  2. Meningkatkan kemampuan input propioseptif (rasa gerak)
  3. Mengidentifikasi gangguan fungsi dan memberikan arahan untuk melakukan aktivitas fungsi normal yang efisien.
  4. Memfasilitasi aktivitas gerak yang spesifik (specific motor activity)
  5. Meminimalkan gerakan kompensasi sebagai reaksi dari gangguan gerak
  6. Mengidentifikasi kapan dan bagaimana gerakan menjadi efektif

 

5. Continuous Passive Motion (CPM)

 

Continuous Passive Motion (CPM) merupakan alat terapi untuk menggerakkan sendi pada lingkup gerak tertentu secara pasif setelah pasien mengalami trauma atau menjalani operasi sendi.

Mesin CPM biasanya digunakan pada sendi lutut, meskipun ada juga mesin CPM yang dibuat untuk sendi lain.

Manfaat CPM mengontrol nyeri pasca operasi, mengurangi peradangan, memberikan gerakan pasif pada bidang gerakan tertentu, melindungi dan membantu perbaikan jaringan pasca operasi sendi.

Indikasi CPM meliputi:

  1. Mempertahankan gerakan
  2. Mencegah kekakuan akibat operasi, terutama setelah penggantian sendi, sinovektomi, pelepasan kontraktur, dan fiksasi fraktur intra-artikular sekitar sendi lutut.

Kontraindikasi relatif meliputi:

  1. Kendala pada jaringan lunak (ligamen) tidak cukup kuat
    1. Sendi tidak stabil, atau jika penyambungan fraktur belum tercapai

Dengan mengikuti panduan dan mematuhi prinsip-prinsip penggunaan CPM dengan baik, akan meningkatkan peluang untuk memperoleh lingkup gerak sendi maksimum setelah trauma atau operasi. Dengan penerapan CPM yang tepat, akan menjadikan biaya perawatan yang efektif, karena akan mengurangi kebutuhan fisioterapi, tindakan manipulasi sendi dengan anestesi, dan tindakan bedah untuk mengatasi kekakuan.

 

6. VitalStim

 

VitalStim adalah tindakan terapi yang aman dan efektif untuk pasien dengan gangguan menelan (disfagia). Sistem terapi VitalStim merupakan terapi non-invasif untuk membantu menelan melalui penggunaan Neuromuscular Electrical Stimulation (NMES). Stimulus listrik digunakan untuk membantu penguatan dan perekrutan otot untuk kemampuan menelan.

 

Klub Senam Sehat Stroke Dr. Oen Kandang Sapi (S3DOK)

RUMAH SAKIT Dr. OEN KANDANG SAPI SOLO memiliki Klub S3DOK sebagai wadah komunikasi pasien stroke dan keluarga, dengan tujuan meningkatkan kemampuan dan kualitas hidup pasien pasca stroke untuk mandiri dan kembali aktif dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat. Klub S3DOK mempunyai kegiatan rutin, antara lain:

  1. Senam setiap hari Selasa jam 13.00 WIB
  2. Penyuluhan hidup sehat yang diberikan oleh Dokter setiap sebulan sekali
  3. Senam dan rekreasi bersama setahun sekali
  4. Gathering setahun sekali.

    

Jam Pelayanan Instalasi Rehabilitasi Medik meliputi:

NO

LAYANAN

HARI

JAM

1

Dokter Spesialis KFR 

Senin-Sabtu

08.00-13.00 WIB

2

Okupasi Terapi

3

Terapi Wicara

4

Klinik Rehabilitasi Anak

5

Fisioterapi

Senin-Sabtu

07.00-17.00 WIB

Hari Minggu dan Hari Libur Nasional tutup

 

 

 

 

SURVEI KEPUASAN PELANGGAN 
 
Dalam upaya meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan RUMAH SAKIT Dr. OEN KANDANG SAPI SOLO, kami mohon kesediaan Bapak/ Ibu untuk berkenan mengisi Survei Kepuasan Pelanggan yang akan menjadi acuan dalam evaluasi atas kualitas pelayanan kami. Read More

Guests Online

We have 64 guests and no members online