Mengembangkan Wawasan Mengenai Penanganan Pruritus Vulva atau Rasa Gatal pada Vulva bersama dr. Lou Wei Yeng dari Subang Jaya Medical Centre, Malaysia

Berdasarkan penelitian dari International Journal in Medical Sciences pada bulan Maret 2024, terdapat 47.4 % pasien berusia 18 – 35 tahun mengalami Pruritus Vulva atau rasa gatal pada bagian terluar dari alat kelamin wanita. Keluhan yang sering dialami oleh pasien wanita ini, memiliki penyebab yang berbeda-beda, diantaranya diakibatkan oleh infeksi bakteri seperti neisseria gonorrhoeae atau chlamydia trachomatis, infeksi jamur seperti kandidiasis vulvovaginal yang disebabkan oleh candida albicans, atau parasit seperti trichomonasis vulvovaginal yang disebabkan oleh trichomonas vaginalis.

Untuk menambah serta mengembangkan wawasan mengenai penanganan Pruritus Vulva, RUMAH SAKIT Dr. OEN KANDANG SAPI SOLO menggelar acara Mini Seminar Diskusi Penanganan Kolaboratif antar Profesi pada Pruritus Vulva bersama dr. Lou Wei Yeng, konsultan Dokter Spesialis Obstetri & Ginekologi dari Subang Jaya Medical Centre, Malaysia. Kegiatan ini berlangsung di Mini Ballroom pada Hari Sabtu, 28 September 2024, pukul 12.00 WIB dan diikuti oleh segenap dokter umum RUMAH SAKIT Dr. OEN KANDANG SAPI SOLO. Acara tersebut dibuka dengan sambutan hangat dari Direktur Utama RUMAH SAKIT Dr. OEN KANDANG SAPI SOLO, dr. Andi Wibawanto, MPH, FISQua.

Para peserta mini seminar hari ini mendapatkan sudut pandang yang baru, dimana dr. Lou menyampaikan mengenai penegakan diagnosis dan tatalaksana terkini penyakit-penyakit dengan gejala pruritus vulva. Pada sesi tanya jawab di akhir mini seminar, para dokter bersemangat untuk berdiskusi dengan dr. Lou mengenai kasus pruritus vulva yang sering ditemui di praktik sehari-hari. Diharapkan dengan diadakannya mini seminar kali ini, para dokter umum dapat memberikan pelayanan yang lebih prima dalam penanganan kasus Pruritus vulva.

Share your thoughts